Tahukah kalian,

Masih banyak daerah di Jakarta yang berada di tingkat miskin dan kumuh, salah satunya adalah bantaran kali. Mengapa demikian, menurut kami, bantaran kali adalah daerah paling mudah dan murah bagi warga kelas bawah untuk mendapatkan fasilitas kegiatan sehari-hari seperti mandi, buang air, dan cuci pakaian. Mereka memilih kawasan ini karena mereka tidak perlu memikirkan biaya untuk berlangganan air bersih.

Akan tetapi, seringkali warga bantaran kali tidak peduli dengan kebersihan kali, sehingga mereka membuang sisa makanan, sisa mencuci, bahkan kotoran sehari-hari ke kali. Selain membuat kotor, kotoran-kotoran yang dibuang ke kali ataupun sungai bisa membuat sungai menjadi bau atau bahkan sumber penyakit.

Idealnya, warga bantaran kali sebaiknya dipindahkan ke tempat lain agar kebersihan bantaran kali dapat dijaga, bahkan diperindah agar sepanjang sungai dapat menjadi ruang terbuka publik yang menyenangkan. Akan tetapi, permasalahan yang ada saat ini di Jakarta adalah banyak pendatang yang menetap di bantaran kali, sudah tinggal lebih dari 20 tahun, sehingga mereka bisa mengklaim bahwa tanah itu adalah milik mereka.

Jadi, solusi sementara menurut kami adalah sebaiknya daerah bantaran kali, apabila tidak bisa segera dirombak dan diperbaiki, minimal sebaiknya pemerintah dan lembaga masyarakat mau meningkatkan dan menggerakkan kesadaran masyarakat akan lingkungan, sehingga tercipta kondisi sungai dan bantaran kali yang bersih, dan setidaknya lebih baik. Akan tetapi perlu diingat bahwa solusi ini adalah sementara, sampai Pemerintah mampu menyediakan tempat tinggal lain bagi mereka.

See More and Give Comments
This post has 27 notes
Posted at 3:34 PM 19 September 2011
  1. kiranadindat reblogged this from sustainablejkt
  2. sustainablejkt posted this
Bookmark and Share